oleh

Stretch Mark

Stretch Mark atau gurat peregangan merupakan garis memerah dan indentasi yang muncul di kulit akibat berat badan yang meningkat dengan cepat. Stretch Mark bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kehamilan, obesitas, pertumbuhan yang sangat cepat pada remaja, efek samping obat atau peningkatan ukuran otot secara pesat. 

Penyebab 

Stretch Mark muncul karena ukuran tubuh bertambah. Kondisi ini biasanya dirasakan oleh seseorang yang kulitnya mengandung sedikit kolagen (protein yang membuat kulit lentur). Ketika kulit meregang dengan cepat, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Sehingga muncul garis atau guratan kemerahan yang gatal dan lama kelamaan akan berubah warna jadi putih atau kelabu. Beberapa faktor risiko seseorang mengalami Stretch Mark diantaranya :

  1. kehamilan
  2. peningkatan berat badan yang drastis
  3. masa pubertas
  4. warna kulit terang
  5. memiliki keluarga dengan riwayat Stretch Mark
  6. gangguan kesehatan tertentu
  7. konsumsi obat-obatan yang tidak tepat

Perawatan dan Cara Mengatasi

Sebenarnya stretch marks tidak berbahaya dan bisa menjadi semakin samar seiring waktu. Tapi untuk lebih cepat anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara sebagai berikut :

  1. Krim retinoid, krim ini akan membantu memperbaiki kulit, namun krim ini harus digunakan sesuai petunjuk dokter, jadi sebelum memakainya harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu terutama pada ibu hamil dan menyusui.
  2. Terapi sinar dan laser, terapi ini akan membantu merangsang pertumbuhan kolagen atau elastin pada kulit.
  3. Mikrodemabrasi dengan menggunakan peralatan yang menggunakan kristal untuk mengangkat lapisan luar kulit dan menunjang pertumbuhan kulit yang elastis.

Pencegahan 

1. Menjaga berat badan sehat

Jagalah berat badan dalam kondisi stabil. Jika ingin menaikkan atau menurunkan berat badan lakukan secara bertahap. Bagi wanita hamil, penambahan berat badan sebaiknya dijaga sehingga risiko munculnya Stretch Mark kecil. Tapi ibu hamil tidak diperbolehkan untuk diet, cukup konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang sehingga berat bada tidak melonjak drastis.

2. Menerapkan pola makan sehat

Biasakan untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin E, C, protein dan zinc sehingga kolagen kulit bisa bertambah.

3. Menjaga asupan cairan

Konsumsi cukup air putih untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit. Kulit yang terhidrasi baik memiliki risiko yang lebih kecil mengalami stretch mark daripada kulit kering. Kurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi.

Selain cara di atas anda dapat menyamarkan stretch mark dengan krim atau kosmetik khusus seperti krim penghilang stretch mark, melakukan chemical peeling, terapi laser, dan operasi kecantikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : alodokter dan klikdokter dot com

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed