oleh

Tips Agar Tubuh Sehat dan Bugar

Sehat merupakan hal yang sangat didambakan oleh setiap manusia. Tubuh yang sehat dan bugar menjadi tameng agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Ketika tubuh dalam keadaan sehat dan bugar maka berbagai aktifitas dapat kita lakukan dengan nyaman dan releks. Selain  terhindar dari penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian  manusia, kondisi tubuh yang sehat dan fisik yang kuat akan mempermudah kita dalam menjalani aktifitas sehari-hari dan dapat membentuk imun tubuh yang kebal terhadap penyakit maupun virus.

Sayangnya masih banyak manusia yang mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik. Bahkan tak jarang orang-orang tidak memperhatikan pola makan dan hidup yang sehat sehingga berdampak pada kesehatannya.

Bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh? Mulailah untuk memperbarui pola hidup dari yang sederhana. Berikut hal-hal kecil yang bisa kita lakukan agar tetap sehat dan bugar

  • Konsumsi Sayur dan Buah-buahan Segar

Buah dan sayur mengandung vitamin , mineral dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika seseorang mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur, pada umumnya mereka akan terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetes tipe 2, obesitas hingga penyakit jantung.

  • Rutin Olah Raga

Olah raga rutin dapat membuat tubuh kita menjadi sehat, bugar dan terhindara dari berbagai macam penyakit. Perhari minimal 30 menit gunakanlah waktu untuk olahraga dari yang ringan hingga berat seperti, berlari, bersepeda, dan berenang. Dengan olahraga teratur juga mampu mengendalikan berat badan ideal.

  • Minum Air Yang cukup

Air merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh. Konsumsi air yang cukup mampu mempertahankan keseimbangan tubuh  dan membantu transportasi nutrisi mengatur suhu tubuh , mencerna makanan, dan masih banyak lagi.Pasalnya 60% dari tubuh manusia mengandung air. Konsumsi air minimal 8 gelas perhari agar kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi.

  • Istirahat Yang Cukup

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar cobalah hindari begadang atau tidur yang terlalu malam. Begadang akan membuat tubuh kita yang harusnya istirahat diforsir  untuk tetep bekerja sehingga ketika bangun dipagi harinya tubuh akan terasa tidak nyaman seperti pegal-pegal dan nyeri otot bahkan pusing. Kurang tidur dapat mengakibatkan penyakit jantung, stroke hingga diabetes.

  • Hindari Minuman Bersoda

Soda mengandung pemanis tambahan yang tidak sedikit jumlahnya, sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi soda 1-2 botol perhari dapat memicu penyakit  diabetes tipe-2.

  • Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dampak buruk rokok tidak hanya dirasakan oleh perokok aktif namun juga berdampak pada perokok pasif atau orang disekitar yang menghirup asap rokok. Perokok cenderung lebih mudah terserang penyakit bronkitis, sesak, jantung maupun kanker.Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh dapat merusak paru-paru dan organ lainnya. Sedangkan alkohol dapat memicu penyakit jantung dan hati. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat sebaiknya hindari rokok dan alkohol.

  • Melindungi Kulit

Terpapar sinar matahari secara terus menerus dapat mengakibatkan penyakit kulit bahkan kanker kulit.Pastikan mlindungi kulit dari paparan sinar UV dengan mengenakan pakaian berlengan panjang dan topi saat berada dibawah terik matahari langsung.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed