oleh

Tips Ampuh Menghilangkan Bisul

Bisul atau furunkel merupakan benjolan kecil berwarna merah pada kulit yang berisi nanah dan menimbulkan rasa nyeri. Bisul bisa disebabkan karena infeksi bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut.

Bisul sendiri bisa timbul diarea wajah,leher,ketiak,paha, tengkuk maupun bokong. Hal ini terjadi karena bagian tubuh tersebut sering mengalami gesekan dan berkeringat. Bisul juga bisa muncul dimata, biasanya disebut bintitan.

Apa sih Penyebab Bisul ?

Bisul muncul karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus, bakteri ini biasa ditemukan pada kulit dan dalam hidung tanpa memicu infeksi. Bisul juga bisa muncul di tempat-tempat pada bagian kulit yang sudah cedera seperti digigit serangga atau tergores. Sehingga bakteri Staphylococcus aureus mudah masuk. Bakteri mengeluarkan racun dan tubuh merespon nya dengan sel darah putih.

Setelah itu sel kulit menutup racun agar tidak menyebar dan membentuk dinding pada kulit yang mana dinding ini berkembang dan berisi nanah dan racun yang disebut bisul.

Cara Mengobati Bisul

Bisul bisa diobati dengan berbagai cara. Berikut tips ampuh untuk mengobati bisul secara alami:

1. Kompres Air Hangat

Bisul bernanah dapat pecah dengan sendirinya dalam kurun waktu 1-2 minggu. Namun bagi kebanyakan orang ini akan sangat mengganggu karena rasa tidak nyaman yang dirasakan. Agar pematangan bisul lebih cepat lakukan pengompresan air hangat dilokasi benjolan.Caranya mudah, hanya dengan menyiapkan air hangat dan handuk. Celupkan handuk ke dalam air hangat lalu letakan handuk pada lokasi benjolan selama -+10 menit dengan beberapa kali sehari.

2.Gunakan Minyak pohon Teh

Minyak atsiri pada pohon teh memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat yang dapat membantu mengobati infeksi bakteri akibat bisul.

Minyak tidak dioleskan langsung ke kulit, melainkan dengan mencampurkan lima tetes minyak pohon teh sengan satu sendoh teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Jika dioleskan langsung pada kulit, minyak pohon teh ini bisa menimbulkan efek terbakar.

Ambil kapas tetesi dengan minyak teh yang sudah diencerkan tadi dan oleskan pada daerah lokasi benjolan. Lakukan 2-3 kali sehari.

3.Gunakan Garam Espom

Manfaat garam espom beragam, salah satunya untuk mengobati bisul. Garam ini mampu menghilangkan nanah dan membuat bisul menjadi kering.

Cara memanfaatkannya mudah, hanya dengan melarutkan garam espom dalam air hangat dan rendam kompres didalamnya. Oleskan kompres kelokasi benjolan bisul selama -+20 menit. Lakukan 2-3 kali dalam sehari hingga bisul kempes atau hilang.

4. Gunakan Minyak Jarak

Kandungan senyawa pada minyak jarak disebut asam risinoleat yang bersifat anti-inflamasi kuat.

Minyak jarak juga mengandung sifat anti bakteri, sehingga bisa menjadi bahan alami untuk mengobati bisul. Oleskan langsung minyak jarak ke bagian bisul setidaknya 3 kali sehari sampai bisul benar-benar hilang.

5. Gunakan Bubuk Kunyit

Selain minyak jarak dan minyak pohon teh, bubuk kunyit juga mengandung anti bakteri dan anti-iflamasi yang keduanya bisa membantu mengobati bisul dengan cepat. Bahkan konon bubuk kunyit ini sudah digunakan selama ribuan tahun sebagai pembersih darah alami.

Cara menggunakan bubuk kunyit untuk pengobatan bisul sangat mudah. Bisa dengan dikonsumsi atau di telan maupun digunakan secara topikal pada lokasi bisul.

Untuk mengkonsumsi silahkan rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu, minum 3 kali sehari setelah dingin.

Sedangkan untuk menggunakanya secara topikal atau oles , caranya dengan mencampir kunyit dengan air dan atau jahe untuk membuat masker. Lalau oleskan masker pada bagian lokasi bisul setidaknya 2 kali dalam sehari.

 

Perlu diperhatikan , bisul yang belum matang tidak boleh di pijat atau di pencet-pencet karena dapat mengakibatkan masuknya bakteri dalam sirkulasi darah dan menyebar ke seluruh tubuh sehingga menimbulkan sepsis ( keracunan darah).

 

 

sumber :

kompas dot com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed