oleh

Trombositopenia – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Trombositopenia

Penyakit demam berdarah identik dengan berkurangnya trombosit darah dalam tubuh. Sel trombosit bekerja dengan menutup pembuluh darah yang luka dengan cara membentuk benang fibrin dan menutup luka secara bertahap. Tanda bahwa trombosit mengalami penurunan adalah masa penyembuhan ketika dalam kondisi terluka kecil ataupun besar relatif lama. Selain demam berdarah trombosit yang turun juga dapat menyebabkan tifus.

Penyebab 

Trombositopenia terjadi akibat sistem kekebalan tubuh keliru menyerang dan menghancurkan trombosit, sehingga jumlahnya turun. Trombosit turun juga bisa disebabkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. kecanduan alkohol
  2. penyakit liver
  3. sindrom mielodisplasia
  4. anemia aplastik
  5. gangguan myelofibrosis
  6. kelainan genetik
  7. leukimia
  8. efek samping kemoterapi dan radioterapi

Gejala 

Trombositopenia ringan biasanya tidak menimbulkan gejala. Gejala utama biasanya terjadi pendarahan baik organ dalam maupun luar. Pendarahan organ dalam akan lebih sulit dideteksi dan harus melalui pemeriksaan dokter. Sedangkan pendarahan pada bagian luar nampak sepreti memar, lebam dan pendarahan yang sulit berhenti. Gejala pendarahan luar lain bisa seperti mimisan, gusi berdarah, mentruasi yang lebih banyak dari hari biasanya, hematuria, BAB berdarah dan muntah darah.

Cara Mengatasi

Berikut beberapa cara mengatasi trombosit turun :

1. Konsumsi Bayam

Bayam kaya akan kandungan vitamin K, kandungan ini dapat membantu menaikkan trombosit anda. Caranya rebus bayak dengan dua gelas air, rebus hingga tersisa satu gelas dan minumlah air rebusan bayarm tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang baik konsumsi satu gelas air rebusan bayam secara rutin.

2. Konsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan banyak mengandung vitamin K dan vitamin D serta fibrinogen. Kandungan ini akan membantu proses penyerapan kalsium sehingga dapat menaikkan trombosit.

3. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu menaikkan trombosit dalam darah. Rutinlah mengonsumsi jambu biji untuk hasil yang maksimal.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Asam Lemak

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak omega-3 dapat membantu menaiikan trombosit dalam darah. Lemak omega-3 dapat anda temukan dalam telur atau jenis ikan. Selain itu omega-3 ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda.

5. Banyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih dapat menyebabkan produksi sel darah menjadi lebih banyak. Karena itu banyak minum air putih dapat membantu anda yang sedang kekurangan trombosit.

6. Asam Folat dan Vitamin B12

Mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat dan vitamin B12 juga dapat membantu menaikkan trombosit anda. Kandungan ini dapat ditemukan dalam makanan seperti susu, hati ayam, telur, daging kambing dan sebagainya.

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed