oleh

Tumit Pecah-pecah

Tumit pecah-pecah tentunya akan mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri seseorang, selain itu tumit yang pecah akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman ketika berjalan, tumit pecah yang parah juga bisa menyebabkan pendarahan pada beberapa orang.

Pada umumnya tumit pecah disebabkan oleah hilangnya kelembaban pada kaki sehingga menjadi kering dan retak, hal ini bisa disebabkan oleh :

  • Faktor usia
  • Berjalan tanpa alas kaki
  • Alas kaki yang tidak cocok
  • Terlalu lama berdiri
  • Penambahan berat badan yang signifikan
  • Suhu udara yang dingin dan kering

Mengatasi tumit yang pecah bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mengenakan sepatu yang sesuai, berjalan menggunakan alas kaki, tidak berdiri terlalu lama, menggunakan obat untuk mengatasi tumit pecah atau bisa juga menggunakan bahan-bahan alami dibawah ini :

1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun bermanfaat untuk melembabkan kulit, selain itu minyak zaitun juga dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan tumit pecah. Rendam kaki dalam air hangat selama 10-20 menit, keringkan dengan handuk kemudian oleskan minyak zaitun secukupnya pada kaki.

2. Madu
Madu memiliki kandungan antibakteri dan antimikroba yang bermanfaat untuk melembabkan kulit dan membantu proses penyembuhan  tumit yang pecah-pecah. Anda bisa mencampurkan 1 gelas madu dengan air hangat secukupnya, gunakan cairan ini untuk merendam kaki selama 15-20 menit, kemudian gosok bagian tumit yang pecah, atau anda juga bisa menggunakan madu sebagai masker dengan cara mengoleskan pada kaki sebelum tidur dan diamkan semalaman.

3. Batu Apung dan Getah Pepaya Muda
Rendam kaki dalam air selama 15-20 menit kemudian gosok tumit yang pecah menggunakan batu apung selama 10 menit, setelah itu anda bisa mengolesan getah pepaya muda pada bagian tumit yang pecah.

4. Masker Pisang dan Alpukat
Pisang dan Alpukat mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk melembabkan kulit, anda bisa membuat pasta menggunakan campuran buah pisang, alpukat dan madu. Caranya cukup mudah, campurkan semua bahan kemudian haluskan. Oleskan pasta ini pada bagian tumit yang pecah dan biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air.

5. Tepung Beras
Tepung beras mampu membantu membersihkan, mengelupas dan menutrisi kulit kaki agat lebih halus dan lembut. Campurkan 3 sendok tepung beras, madu, dan cuka apel kemudian aduk hingga menjadi pasta. Anda bisa menggunakan pasta ini pada tumit kaki yang pecah setelah kaki direndam.

6. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki khasiat untuk melembabkan kulit tubuh, minyak kelapa memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi yang dapat digunakan untuk membantu penyembuhan tumit pecah. Rendam kaki dalam air selama 15-20 menit, keringkan kemudian oleskan minyak kelapa pada bagian tumit yang pecah.

7. Oatmeal
Oatmeal sering digunakan untuk mengobati kulit yang iritasi atau meradang. Cara pebuatannya cukup mudah, campurkan 1 sendok makan oatmeal kering dengan 1 sensik makan minyak kelapa, aduk hingga menjadi pasta kemudian oleskan pasta ini pada tumit kaki yang pecah.

8. Pelembab
Anda bisa menggunakan pelembab yang lain seperti petroleum jelly, cuka, shea butter, lilin parafin, dll. sebelum menggunakan pelembab pastikan untuk merendam kaki anda terlebih dahulu.

Selain cara-cara alami diatas anda juga bisa menggunakan lotion khusus untk mengobati tumit pecah, apabila keadaannya semakin parah silahkan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:
Kompas dot com
Sehatq dot com

 

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed