oleh

Vertigo – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Vertigo merupakan kondisi yang membuat penderitanya mengalami pusing, sampai merasa dirinya atau sekelilingnya berputar dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Vertigo bukan merupakan penyakit, tapi gejala dari kondisi kesehatan lain. Hal ini menyebabkan tindakan untuk mencegah vertigo harus melihat kondisi kesehatan yang sedang dialami.  Beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan vertigo diantaranya:

  1. Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV)
  2. Peradangan pada telinga bagian dalam
  3. Trauma pada kepala dan cedera leher
  4. Penyakit meniere
  5. Diabetes, migrain, stroke, penyakit parkinson dan tumor otak

Selain itu vertigo memiliki beberapa faktor risiko diantaranya, wanita, berusia lebih dari 50 tahun, sering mengonsumsi obat-obatan tertentu, mengalami infeksi pada telinga (meniere), stres berat, sering mengonsumsi alkohol dan pernah mengidap luka di kepala.

Gejala

Gejala yang umum terjadi adalah pusing seperti berputar yang diikuti dengan telinga berdengung, mual dan muntah, kehilangan keseimbangan dan tidak bisa berdiri, ketika berbaring dan menutup mata penderita akan merasa tubuhnya berputar dan berdebar hingga pingsan. Serangan vertigo biasanya berlangsung singkat, namun jika tidak segera ditangani akan meningkatkan risiko stroke.

Vertigo dapat dicegah asalkan tahu penyebab utamanya, berikut beberapa tips untuk mencegah vertigo agar tidak sering kambuh:

Menghindari posisi yang memicu vertigo

Mengurangi asupan garam, pengidap vertigo yang disebabkan penyakit meniere disarankan untuk mengurangi konsumsi garam. Dimana penyakit meniere ini memiliki beberapa gejala utama yaitu, vertigo, telinga berdenging (tinnitus), dan gangguan pendengaran.

Aktif bergerak, perempuan yang memiliki gaya hidup pasif dan jarang melakukan aktivitas fisik rentan mengalami BPPV dibanding dengan merekan yang aktif.

Mengontrol tekanan darah, tingkat kolesterol, dan berhenti merokok.

Menjalani gaya hidup sehat, untuk mencegah vertigo kambuh, mulailah dengan gaya hidup sehat. Tipsnya memenuhi kebutuhan cairan harian, mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, istirahat yang cukup dan hindari stress.

Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, duduk diam sejenak saat bangun tidur dan hindari posisi membungkuk serta gerakkan kepala secara perlahan.

Anda juga dapat menggunakanbahan-bahan herbal untuk mengatasi vertigo, anda hanya perlu menyiapkan 1 ruas jahe, 1 buah jeruk nipis, kayu manis, dan madu secukupnya, berikut cara pembuatannya:
1. Kupas dan bersihkan jahe kemudian diparut/dicincang/digeprek. Masukkan kedalam gelas.
2. Tambahkan Kayu manis kedalam gelas.
3. Masukkan perasan jeruk nipis kedalam gelas.
4. Tambahkan air panas sebanyak 250-300ml. Diamkan 3-5 menit.
5. Tambahkan madu sesuai selera. Aduk hingga merata
6. Saring, Siap dikonsumsi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : halodoc dan alodokter

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed