oleh

Kandungan Gizi dan Manfaat Mengonsumsi Buah Mangga

Mangga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata dan menurunkan risiko penyakit jantung. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal pastikan untuk mengonsumsi mangga segar alami, bukan yang sudah dalam bentuk kemasan, ditambah pengawet, gula dan perasa buatan.

Kandungan Nutrisi Jus Mangga

Mangga merupakan buah yang rendah kalori, dalam satu buah mangga terdapat 100-110 kalori. Namun mangga kaya akan antioksidan (polifenol dan beta karoten). Dalam satu buah mangga terkandung nutrisi seperti 1.5-2 gram serat, 15 gram karbohidrat, 1-1.5 protein, 55-60 mikrogram vitamin A, 35-60 mg vitamin C, 9 mg vitamin E, 40-45 mikrogram folat, 10-15 mg kalsium, 10-15 mg magnesium, 200 mg kalium dan 14-20 mg fosfor dan kaya akan vitamin B, K, likopen serta air.

Semakin besar buah mangga akan semakin banyak kandungan nutrisinya.  Namun kandungan nutrisi jus mangga lebih kecil dibandingkan jika anda mengonsumsi langsung dikarenakan proses pembuatan jus akan menghilangkan sekitar 90%serat dalam buah. Namun jus mangga tetap memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh seperti :

1. Menurunkan risiko penyakit jantung 

Untuk mengurangi risiko penyakit jantung anda bisa memperbaiki pola makan dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur, salah satunya jus mangga. Pasalnya, mangga merupakan buah yang kaya akan serat, kalium dan antioksidan yang dapat mencegah sumbatan pada pembuluh darah dan melancarkan aliran darah.

2. Mencegah efek radikal bebas

Radikal bebas merupakan zat sisa metabolisme yang terbentuk dalam tubuh secara alami. Jika radikal bebas berlebihan dapat menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes, jantung dan kanker. Untuk mengurangi risiko ini seringlah mengonsumsi makanan sehat salah satunya buah mangga. Hal ini dikarenakan buah mangga mengandung antioksidan yang tinggi seperti polifenol, vitamin C, likopen dan beta karoten yang melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Mangga mengandung antioksidan, protein, vitamin A, B, C, E dan K dimana nutrisi ini berperan penting dalam membentuk sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini membantu tubuh memproduksi sel darah putih untuk melawan kuman dan virus.

4. Menjaga kesehatan mata

Mangga juga baik untuk kesehatan mata berkat kandungan vitamin A dan antioksidan lutein serta zeaxanthin yang berfungsi  memelihara kesehatan sel-sel mata.

5. Menjaga kesehatan kulit

Kandung vitamin C dalam buah mangga bermanfaat dalam membantu kekebalan tubuh dan membantu tubuh memproduksi kolagen jenis protein yang berperan dalam kelenturan kulit sehingga mencegah penuaan dini.

6. Meredakan sembelit 

Buah mangga bisa membantu mengatasi sembelit kronis dan lebih membantu daripada makanan berserat seperti gandum.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : alodokter

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed